Kusihir ia jadi Katak ( Puisi Tercantik )

Kesaksian Sederhana Orang Biasa
Kesaksianku tentang dunia hanya bisa sederhana
Karena jenis dan standar kebahagiaanku memang sangat biasa-biasa saja

Kaki hidupku tidak meloncat menggapai langit
Tak ada yang kukejar hingga lari terbirit-birit

Tanganku tidak mengacungkan tinju ke angkasa
Sebab tak ada satu unsur apapun dalam kehidupan ini
yang membuatku kagum dan terpana

Kekuatanku tak akan menyentuh siapa-siapa
Karena aku tidak tertarik pada kemenangan atas manusia

Kubelanjakan tenagaku hanya sedikit saja
Sebab atas segala yang lemah hatiku tak berdaya

Kalaupun pikiranku mengembara sampai ke ruang hampa
Hatiku sudah lama selesai dan tak meminta apa-apa
Musik
Tak ada sekilaspun padaku mimpi menaklukkan dunia
Sebab dunia sangat murah harganya dan hanya beberapa
tetes keringat dari badanku yang kurelakan untuknya

Tak ada sedikitpun minatku terhadap kehebatan diri
karena jenis kelemahanku adalah kebiasaan
untuk mentertawakan diriku sendiri

Jika ada orang beramai-ramai tersesat menjunjungku
Volume kepalaku tidak membesar dan hatiku tetap bisa mengantuk

Jika mereka menemukan kebenaran sehingga menghinaku
Helai-helai buluku tidak berdiri bahkan kantukku bertambah lelap

Kebesaran dan kegagahan amat sangat aku remehkan
Dan tak akan pernah kukenakan sebagai pakaian

Apabila dunia menyangka aku mencintainya dan ingin mengawininya
Tentu karena ia tak tahu aku sudah mentalaknya sebelum pernah mencintainya

Barang siapa kegagahannya mendatangiku dan menggertak
Kusihir ia jadi katak

(Emha Ainun Nadjib&KK/Jogjakart a/2003/PmBNetDok )

9 Responses to “Kusihir ia jadi Katak ( Puisi Tercantik )”

  1. OOT…

    jenis font baid pertama kok beda dengan baid yang lainnya ya..

  2. @ mikow naah itu yang mau gue tanyain…kalo mau ngubah2 font dimana sih, klo wp ga ngerti. ini gue ngubahnya di notepad trus copas ke sini…eh hasilnya kek gituh deh

  3. Tak ada sedikitpun minatku terhadap kehebatan diri
    karena jenis kelemahanku adalah kebiasaan
    untuk mentertawakan diriku sendiri

    Jika ada orang beramai-ramai tersesat menjunjungku
    Volume kepalaku tidak membesar dan hatiku tetap bisa mengantuk

  4. nggak ada yang lebih kuat selain alloh…πŸ™‚

  5. *kucek2 mata*….dayyy…tadi malem minum apa sih?

  6. kataknya seperti kerokerokeropi?

  7. buat kak Injul (kalau kebetulan mampir ke sini), tadi gue baca judul postingan dahlia ini; Kusihir ia jadi Batak.

    Maaf ya kak…πŸ˜†

  8. Day, postinganmu serius sekali. Gue keknya mesti baca puisinya berkali-kali. Gue copy di word aja ya. Boleh? Boleh? Boleh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: