Pemilihan KATA menimbulkan beda ARTI

“Kebakaran di Jl Fatmawati dipicu ledakan kompor gas 3 kg. Ini adalah kebakaran kesekian yang disebabkan kompor gas meleduk”

Diambil dari sini ..detikcom – Kebakaran di Jl Fatmawati Gara – gara Kompor Gas 3 Kg Meleduk

Kasus pemilihan kata ini, bener bener berdampak sangat berpengaruh terhadap orang orang yang kurang mengetahui “ilmu”nya. Tapi kalo kata kata tersebut dah menjadi asupan sehari hari, orang yang dah ber”ilmu” juga bisa terpengaruh :p

Hal ini ternyata kena juga ama temen satu project gue, namanya sihitam manis. Waktu itu, dia nelpon gue, bilang akan datang agak siangan dan minta gue sampein ke Project Director kita.

Pas abis solat zhuhur, gue berpapasan ama sihitam manis itu, di depan musholah . Dan gue sapa dong, manis booow tapi lakor ( laki orang )

” Eh knapa dateng siang, junior ga bisa ditinggal? ”

” Bukan buDay, ituloh soal kompor”

” Hah?!! Ada apa soal kompor, elo bisnis gas elpiji?”

” Boro boro , tapi emang gara gara gas elpiji itulah”

” Loh, knapa emang?”

Dengan penasaran, sihitam manis itu menceritakan kronologi, knapa dia musti datang agak siangan.

Jadi ceritanya, sihitam manis, menikah dengan gadis desa dan memiliki mertua perempuan yang amat lugu. Biasanya sewaktu di rumah asal istrinya itu, ibu mertua memasak menggunakan kayu bakar atau minyak tanah. Sejak ada jatah dan memang sudah anjuran pemerintah, minyak tanah di konfersikan ke gas elpiji. Jadilah ibu mertua dan istrinya, mau ga mau menggunakan gas elpiji 3 kg, jatah pemerintah.

Terus apakah mereka menggunakan gas elpiji 3 kg tersebut?

Tentu iya…tapi kalo mau idupin kompor atau kalo tabung tersebut dah habis dan mau diganti baru lagi, temen gue itu, sihitammanis, musti turun tangan dan injak kaki ke dapur.

Karena mertua perempuannya serta istrinya, takut kalo kalo ke diberita berita, yaitu KOMPOR GAS 3kg MELEDUK.

Sekarang kalau kita perhatiin berita tersebut apakah bener, tabung gas meleduk.
Bwahahahha kalo bener meleduk, gue yakin banget PERTAMINA dah dituntut yaa minimal Yayasan Konsumen Indonesia. Nah jadi apa dong yang meleduk?

Mari kita perhatikan berita itu lagi.

“…Alkisah, Slamet, warga Jl Fatmawati, Jakarta Selatan, berencana membuat kopi dengan kompor gas 3 kg. Karena selang kompor tidak kencang, keluarlah letupan kecil. Tak beberapa lama, kretek..kretek.. bunyi ledakan kecil terdengar. Slamet pun langsung kabur keluar rumah…”

Nah jadi penyebabnya bukan karena gas 3kg, tapi karena selang kompor tidak kencang. Menyebabkan ruangan tersebut yang meleduk.

Ini adalagi contoh kata yang berbeda maksud/tujuan, atau mengajak kita untuk melihat perbedaannya.

Contohloh ini :
“Masih ingat kasus Balibo Five? Lima wartawan asing yang tewas di Timor Timur pada 1975 itu dinyatakan dengan sengaja dibunuh oleh pasukan TNI yang menginvasi Timor Leste.”

Kalo ini diambil dari sini..detikcom – Balibo Five Sengaja Dibunuh TNI

Nah..kalo ini apa bedanya 5 wartawan asing yang tewas dengan sengaja dibunuh ?

Tewas = dibunuh ?

Moral of story : untuk mengajak sesuatu kebaikan, keknya harus lebih teliti lagi memilih kata kata. Karena bisa salah menerima dari lawan bicara kita. Buat sahabatku…maaf kalo aku salah memilih kata kata.

3 Responses to “Pemilihan KATA menimbulkan beda ARTI”

  1. Oke, gw agak bingung soal yang Balibo Five.🙂 Tewas itu biasanya dipake untuk kata ganti meninggal Day. Tapi, kalo tewas itu biasanya dipake kalo: kecelakaan, dibunuh, kena ledakan bom, dst. Kalo meninggal biasanya dipake meninggal karena sakit/tua.

    Jd gw mumet baca yg kedua. Maksudnya apa sih? hehe. Lg gak bener otak gw. :p (gw ngapdet di MP yak)

  2. gue cuma mo komentar, serius banget tulisan loe :p

  3. lah, emang kalo headline harus menarik perhatian day. makanya kadang judul suka lebay dibanding isinya. itulah trik media.

Leave a Reply

