Elektabilitas itu apa sih ?

image

Apasih elektabilitas itu ?

Keknya kata itu lagi musim musimnya pas pemilu kek ginih, apalagi mendekati pemilihan calon nomer satu Negara tercintah kita ini, Indonesia. Kata kata elektabilitas ini sering muncul di semua sarana informasi komunikasi ( taelaaa bahasa gue )

Dan guepun ikut ikutan  pake kata elektabilatias walaupun gak tau pengertian secara jelasnya, di setiap ngobrol ngalor ngidul gue dengan teman teman kantor dikala jam istirahat kerja … eh bukan ngobrol ding…ngegosip yang isinya cipoa molooo

Eh tapi ada ngak sih, istilah Elektabilitas dalam ejaan EYD ( ketauan deh gue  angkatan sastra anita cermelang )

Setelah oprek oprek gogel yang ketemu link ini

Elektabilitas adalah tingkat keterpilihan yang disesuaikan dengan kriteria pilihan. Elektabilitas bisa diterapkan kepada barang, jasa maupun orang, badan atau partai. Elektabilitas sering dibicarakan menjelang pemilihan umum. Elektabilitas partai politik berarti tingkat keterpilihan partai politik di publik. Elektabilitas partai tinggi berarti partai tersebut memiliki daya pilih yang tinggi. Untuk meningkatkan elektabilitas maka objek elektabilitas harus memenuhi kriteria keterpilihan dan juga populer.

Katanya sih beda ama Popularitas. Simak copas dari link yang sama

Sedangkan popularitas adalah tingkat keterkenalan di mata public. Meskipun populer belum tentu layak dipilih. Sebaliknya meskipun punya elektabilitas sehingga layak dipilih tapi karena tidak diketahui public, maka rakyat tidak memilih. Untuk meningkatkan elektabilitas maka sangat tergantung pada teknik kampanye yang dipergunakan. Dalam masyarakat yang belum berkembang, kecocokan profesi tidak menjadi persoalan. Yang perlu diingat, tidak semua kampanye berhasil meningkatkan elektabilitas.

Dan kesimpulannya gue makin bingung…

Tapi gue ngga mau dong mau bobok pake penasaran apa itu elektabilitas, secara lagi doyannya pake kata kata itu.

Yang gue yakinin banget  elektabilitas adalah kata serapan dari bahasa inggris yaitu Electability yang artinya KETERPILIHAN… Nah ini  cocok.

Hahaha emang ga nyampe nih, otak gue buat ngomongin politik

Mendingan ngegosip cipoa cipoa ajah deh😀

Met bobok… masuk dalam selimut suami…

 

3 Responses to “Elektabilitas itu apa sih ?”

  1. Jadi, elektabilitas adalah ketertarikan suatu subyek kepada objek (partai/pasangan capres) yang ditujuinya)

  2. sama-sama jsaya uga baru ta…..uuuuuu……… elektabilitas tetapi kalau ga salah pengertiannya sangat menyingggu perasa…….. soalnya segala usaha yang saya buat berdasar elektabilitas….. gimana gak tersinggung….. coba resona nya satu saja…….. ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: